nusakini.com - Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat terus menggencarkan kegiatan normalisasi kali maupun saluran air. Diharapkan dengan pengerukan yang dilakukan dapat meminimalisir genangan maupun banjir terutama saat musim hujan.

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat, Wawan Kurniawan mengatakan, normalisasi yang dilakukan salah satunya pengerukan Kali Angke segmen Kampung Gusti - Jembatan Pesing, Jl Pangeran Tubagus Angke yang berlangsung sejak awal tahun 2021 hingga saat ini.

"Pengerukan Kali Angke dimulai dari Jembatan Pesing hingga Kampung Gusti di mana untuk segmen Jembatan Pesing - Jembatan Genit yang berlangsung sejak 19 Januari hingga akhir Juni 2021 berhasil mengangkat sebanyak 6.762 meter kubik lumpur dengan panjang kali 1.970 meter dan lebar 20 meter," ujar Wawan

Dikatakan Wawan, untuk saat ini pihaknya masih melanjutkan pengerukan segmen selanjutnya mulai dari Jembatan Pesing sampai Jembatan Jalan Peternakan.

Menurutnya, dengan dikeruknya sedimentasi lumpur tersebut akan menambah volume debit air yang masuk ke badan kali sehingga diharapkan dapat meminimalisir genangan maupun banjir terutama saat musim hujan nanti.

"Tentu kami berharap genangan maupun banjir semakin berkurang," tandasnya.